TUYlGpdlGpC5TpM8BUWoTfMlGi==

Survei KIC Airin Dinilai Paling Pantas Jadi Gubernur Banten



ANABERITA.COM, Airin Rachmi Diany kembali memuncaki hasil survei sebagai kandidat yang paling layak menjadi Gubernur Banten untuk periode 2024-2029. 

Hasil survei terbaru dari Katadata Insight Center (KIC) menegaskan dominasi Airin dalam kontestasi politik di Banten.

Dalam survei tersebut, Airin berhasil mengumpulkan dukungan sebesar 32,8% dari responden, mengungguli dua mantan gubernur Banten, Rano Karno dan Wahidin Halim, yang masing-masing memperoleh 23,2% dan 12,1%. 

Mantan Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, juga mencatatkan perolehan yang signifikan dengan 10,6% suara responden. 

Sementara beberapa kandidat lain, seperti Iti Octavia Jayabaya, Gembong R Sumedi, dan Ratu Ageng Rekawati, hanya mendapat penilaian kurang dari 5%.

Survey Manager KIC, Satria Triputra Wisnumurti, menekankan bahwa mayoritas responden memilih kandidat berdasarkan personal atau kapasitas dan kualitas kandidat, yang mencapai 76,6%. 

“Meskipun demikian, kandidat yang merupakan kader partai masih menjadi pilihan utama bagi 53,3% responden. Sedangkan yang bukan kader partai dipilih oleh 41,1%,” ungkapnya dalam siaran pers, pada Sabtu 8 Juni 2024.

Metode survei yang digunakan adalah survei online persepsi publik dengan melibatkan 885 responden berusia lebih dari 17 tahun. Survei dilakukan pada 3-9 Mei 2024, dengan margin of error sebesar +/- 1,1% dan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil survei ini memperkuat posisi Airin Rachmi Diany sebagai kandidat terkuat dalam pemilihan Gubernur Banten 2024-2029. 

Dukungan yang kuat dari masyarakat menunjukkan tingginya kepercayaan terhadap kapasitas dan kualitas kepemimpinannya. 

Sebelumnya, Airin juga mendominasi survei dari Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC) dan ARCHI Research and Strategy, yang menegaskan popularitasnya sebagai kandidat unggulan dalam arena politik Banten.

Type above and press Enter to search.