TUYlGpdlGpC5TpM8BUWoTfMlGi==

PKS-PSI; Mesra di Banten, Rival di Jakarta ?



ANABERITA.COM, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menemui Presiden PKS Ahmad Syaikhu di kantor DPP PKS di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Senin (8/7/2024). Ia hadir didampingi oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka dan Ketua DPP PSI Cheryl Tanzil. 

Sementara itu, elite PKS yang terlihat hadir dalam pertemuan itu antara lain Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi serta jubir PKS Muhammad Iqbal.

Dalam pertemuan tertutup itu, muncul beberapa kesepakatan soal Pilkada 2024, antara lain kerja sama PKS dan PSI di Pilgub Banten dan Pilbup Lebak. Ahmad Syaikhu mengatakan, di Pilkada Lebak, PKS akan mencalonkan bupati, sementara wakil bupati berasal dari PSI.

Senada dengan Syaikhu, Kaesang membuka kemungkinan berkoalisi dengan PKS di pilkada selain Banten dan Lebak. Kaesang juga menyebut kolaborasi itu untuk kebaikan bangsa ke depan.

"Kenapa pertama kali ke DPP PKS? Ya saya rasa kan kita sudah ada kerja sama tadi seperti yang saya bilang ada di Banten dan Kabupaten Lebak. Oh kemungkinan Bekasi juga. Nanti wali kotanya dari PKS, wakil wali kotanya nanti dari PSI," jelas Kaesang.

Sementara itu, Syaikhu menyebut nama Kaesang menarik untuk Pilgub Jakarta 2024. Namun PKS sudah menentukan nama Anies Baswedan-Sohibul Iman dalam musyawarah Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP).

Meski begitu, Syaikhu menjelaskan PKS akan melakukan pembahasan lebih lanjut jika ada usulan nama baru. Dia pun menyebut kolaborasi PKS dengan PSI bisa terjadi di banyak daerah lainnya.

"Ya tentu kita kalau memang ada usulan baru, tentu kita harus bahas kembali di DPTD, apakah setuju atau tidak. Jadi ini mekanisme yang ada di PKS. Saya kira sudah jelas seperti itu. Tetapi kan masih sangat terbuka di daerah-daerah lain kan juga kita bisa bersama-sama antara PKS dan PSI," jelas Syaikhu.

Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi juga mengungkap hubungan Kaesang setelah isu Presiden Jokowi cawe-cawe di Pilkada 2024. Menurutnya, hubungan PKS dengan Kaesang tidak ada masalah. Tak hanya itu, Aboe Bakar mendoakan agar Kaesang bisa di Jakarta atau Jateng. Dia menekankan perbedaan pandangan dalam urusan politik merupakan hal biasa.

"Kita doakan semua beliau bisa jadi di Jateng atau di Jakarta, tinggal atur saja. Dalam politik, perbedaan adalah hal biasa," imbuh Aboe.

Sementara itu, merespons peluang putra bungsunya maju dalam kontestasi pilkada 2024, Jokowi mengatakan tugas orang tua hanya mendoakan anak. Ia tak membenarkan atau menepis peluang Kaesang untuk maju sebagai cagub atau cawagub itu.

"Tugasnya orang tua itu hanya mendoakan," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7).

Sebagai informasi, duet Irjen Ahmad Luthfi dan Kaesang unggul menjelang Pilgub Jateng 2024. Pasangan ini mendapat elektabilitas tertinggi dalam simulasi 3 pasangan calon Pilgub Jateng 2024. Hal ini tergambar dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia yang digelar pada 10 hingga 17 Juni 2024 di Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, DPD PSI Jakarta mengusulkan nama Kaesang hingga Ridwan Kamil untuk diusung PSI di Pilkada Jakarta.

Bursa calon Gubernur Jakarta semakin panas dengan munculnya nama-nama baru. Selain nama-nama Anies Baswedan, Kaesang Pangarep, Ridwan Kamil, dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), PSI juga menjagokan selebritis Deddy Corbuzier masuk dalam bursa cagub PSI.

Sementara itu, PDIP mengajukan dua nama jagoannya, yakni Andika Perkasa dan Tri Rismaharini, untuk menarik perhatian masyarakat Jakarta. Lantas bagaimana kelanjutan pertemuan Kaesang dengan PKS? Akankah Kaesang melenggang ke Jakarta? 

Sumber:
https://news.detik.com/berita/d-7430409/pks-psi-mesra-di-banten-rival-di-jakarta


Type above and press Enter to search.